Kamis, 06 Januari 2011

PENYUSUNAN BUSINESS PLAN (RENCANA USAHA)


RENCANA BIDANG PEMASARAN
KATA PENGANTAR

PENGERTIAN PEMASARAN :
Sebagaiman kita ketahui bahwa kegiatan pemasaran adalah berbeda dengan penjualan,
transaksi ataupun perdagangan.
American Marketing Association 1960, mengartikan pemasaran sebagai brikut: Pemsaran adalah pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Definisi ini hanya menekankan aspek distribusi ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak diperlihatkan, sehingga kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap tentang pemasaran.
Sedangkan definisi lain, dikemukakan oleh Philip Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control, mengartikan pemasaran secara lebih luas, yaitu: Pemasaran adalah: Suatu proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan nilai dengan individu dan kelompok lainnya. 

ASPEK PEMASARAN :
  beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pemasaran produk yaitu :
1.target market atau sasaran pasar
   sekelompok konsumen yang agak homogen (serupa) yang menjadi sasaran pemasaran
2.bauran pemasaran yang meliputi :
   a)produk    : barang,fisik,jasa,tampilan,tingkat mutu,asesoris dll
   b)tempat     : tujuan,jenis saluran,lokasi penjualan,dll
   c)promosi   : cara-cara memperkenalkan produk
   d)harga       : nilai yang harus di bayar


4 peluang utama dalam pemasaran :
1.pengembangan pasar (market development)
   upaya peningkatan produk sekarang dengan pasar baru
2.pengembangan produk (product development)
   upaya menawarkan produk baru atau produk yang ada ditingkatkan pada pasar yang sekarang
3.penetrasi pasar (market penetration)
   upaya meningkatkan penjualan produk yang sudah dimiliki diantaranya dengan melalui bauran 
   pemasaran yang lebih agresif.
4.diversifikasi (diversification)
   upaya penganekaragaman usaha

PASAR SASARAN
Selama ini terlihat gejala semakin banyak perusahaan memilih pasar sasaran yang akan dituju, keadaan ini dikarenakan mereka menyadari bahwa pada dasarnya mereka tidak dapat melayani seluruh pelanggan dalam pasar tersebut. Terlalu banyaknya pelanggan, sangat berpencar dan tersebar serta bervariatif dalam tuntutan kebutuhan dan keinginannya. Jadi arti dari pasar sasaran adalah: Sebuah pasar terdiri dari pelanggan potensial dengan kebutuhan atau keinginan tertentu yang mungkin mau dan mampu untuk ambil bagian dalam jual beli, guna memuaskan kebutuhan atau keinginan tersebut.
Karena konsumen yang terlalu heterogen itulah maka perusahaan perlu mengkelompokkan pasar menjadi segmen-segmen pasar, lalu memilih dan menetapkan segmen pasar tertentu sebagai sasaran. Dengan adanya hal ini, maka perusahaan terbantu untuk mengidentifikasi peluang pasar dengan lebih baik, dengan demikian perusahaan dapat mengembangkan produk yang tepat, dapat menentuan saluran distribusi dan periklanan yang sesuai dan efisien serta mampu menyesuaikan harga bagi barang atau jasa yang ditawarkan bagi setiap target pasar.
Pasar sasaran ( Target Market ) adalah: Sekelompok konsumen atau pelanggan yang
secara khusus menjadi sasaran usaha pemasaran bagi sebuah perusahaan.
Dalam menerapkan pasar sasaran, terdapat tiga langkah pokok yang harus diperhatikan,
yaitu:
1. Segmentasi Pasar
2. Penetapan Pasar Sasaran
3. Penempatan Produk


DAFTAR PUSTAKA :
www.scribd.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar